Dian Sastrowardoyo Fan Site

Kejarlah Daku, Kau Kutangkap #17 : Dian Sastrowardoyo

Posted in Majalah by Haqi Achmad on Mei 2, 2009

Dian Sastrowardoyo
“…….organ tercantik dan terseksi yang ada di manusia itu adalah otak………”

Siapa tak kenal Dian Sastrowardoyo? Yang gak tau, hayoo tunjuk tangan dan angkat kaki dari muka bumi! Sekarang aja wajah cantiknya bisa lo liat segede-gedenya di senayan untuk dua produk yang berbeda! Tapi, segede-gedenya muka dia di mana-mana, lo gak bakal lupa sama peran legendaris dia di film AADC. Yess..she is the legendary Cinta. Gara-gara tuh peran, sebuah buku klasik berjudul ‘Aku’ jadi diproduksi lagi, lagi dan lagi. Ah, walaupun banyak Cinta yang bermunculan sekarang-sekarang ini, bagi kami Dian adalah The First, The Real, and The One and Only Cinta Ever!

Enak gak jadi orang ‘sebesar’ elo?
Aduuuuh.. tidaak, sayaaaang.. pertama kali malah gue sempet stress gara-gara orang-orang jadi kenal gue. Rasanya kayak pengen lari dari Indonesia aja. Ya..jadi kayak misalnya gue keluar cuma mau beli permen, tapi gue bakalan lama disitu karena ada orang yang yang minta foto bareng, tanda tangan, ato bahkan nyapa dengan gue sok akrab. Padahal gue ga kenal mereka sama sekali. Dan gue ngerasa itu aneh aja..Tapi sampe suatu ketika gue ketemu anak jalan dan foto bareng sama dia. Ternyata dengan gue sekedar foto ama dia, itu bisa ngebuat dia semangat..dan itu buat gue berpikir kalo gue ternyata seneng juga bisa nyenengin orang kaya gitu. Gila yah, hanya say hello atau kasih senyum aja, untuk beberapa anak, ternyata itu cukup merubah cara mereka melihat diri mereka sendiri. Gue paling seneng kalo anak-anak tuh punya self respect yang tinggi terhadap diri mereka sendiri (kalo bahasa kasarnya narsis, bahasa lembutnya percaya diri). Karena percaya gak percaya, hal itu loh yang bikin mereka maju.

Emang cita-cita lo apa sih sebenernya?
Jadi orang kantoran, hehehe. Awalnya gue sempet mikir bakalan ngejalanin ini semua cuma 5 tahun aja, abis itu pensiun. Karena gue ngerasa pekerjaan ini bisa bikin orang jadi autis. Bayangin aja lo ga punya waktu ngumpul bareng keluarga, ato temen-temen, gara-gara pas weekend harus kerja. Kan kalo orang kantoran jam kerjanya pasti.

Punya tokoh idola gak?
QUEEN RANIA OF JORDAN! Dia tuh orangnya inspiratif banget, dan quote yang gue suka dari dia adalah ”To educate women is to educate future”. Karena yang ngelahirin anak-anak sampai kapan pun kan kaum perempuan, jadi generasi depan alias the future tuh sebenarnya di tangan kaum perempuannya. Kalo mereka educated dan berdaya, pasti generasi depan juga makin canggih lagi. Kalo kayak sekarang: dimana perempuan banyak yang tertindas oleh domestik violence dan stigma sosial (yang memungkinkan perempuan jadi terhambat pengembangan dirinya), generasi yang akan datang gak akan bisa diharepin banyak perubahannya, mau anggaran pendidikan digedein kayak apapun, dan kurikulum dicanggihin. Support anak terbesar tuh di rumah, dari ibu.

Education dan Future….hmm punya visi dan misi ke depannya untuk merealisasikan hal tersebut?
Visi misi?? Gak tau deh, yang pasti, gue sendiri sebagai perempuan akan mulai dari diri gue. Walaupun nantinya gue akan jadi ibu rumah tangga, gue akan belajar setinggi-tingginya supaya nanti gue bisa jadi mentor yang canggih buat anak2 gue. Yang pasti gue bakalan agak rese dan galak sih heheh…

Kalo quote favorit dirimu apa?
“You are what you love, Charlie, not who loves you” dari film Adaptation Charlie Kauffman

Hmm you are what you love…. What do you love actually?
I Love art, books, films. I love everything that reminds me that : hal paling indah pada manusia adalah emosinya.

Sesuai tema provoke! kali ini, hal tergengsi apa yang pernah lo lakuin?
Gue sebenarnya gak terlalu suka ngelakuin sesuatu berdasarkan gengsi. Karena bagi gue kayaknya repot amat sih loe ngelakuin sesuatu yang gak terlalu loe suka, demi gengsi. Atau sebaliknya, loe jadi harus menahan diri sekuat mungkin untuk tidak melakukan sesuatu demi gengsi. Contohnya: loe bertahan sekuat tenaga gak nelfon pacar loe karena gengsi, karena lagi marahan. Menurut gue itu agak capek aja. Tapi kalo gue udah males banget sama ulah pacar gue yang kebanyakan gengsi, gue biasanya saklek. “benerr…?? gak mau telfonan?? Yakinnn??” “ya wes.., gue gak akan pengen nelfon atau ketemu selama jangka waktu yang ditentukan.

Rencana untuk ke depan apa?
Gue mau lanjut S2, sekolah film, nyelesein buku, bisnis, sekolah fotografi dan tentunya lebih banyak berkarya.. dan satu lagi…bikin film pendek, bikin film dokumenter, kursus sinematografi, nulis novel, belajar dansa tango, les nari jawa, les tari perut, les nyanyi India (yang nadanya tinggi-tinggi gitu). Menyusun ‘repelita Dian’ untuk jangka waktu kedepan.

Banyaak ya! Dari semua bidang seni yang lo tekuni, apa yang paling seru?
Semuanya selama mampu menularkan’emosi’ semuanya seru. Pokoknya gue suka sesuatu yang bisa mengantarkan ‘emosi’ kepada pengamatnya. Gue fanatik Leo Tolstoy soalnya.

Terakhir nih, emang definisi cantik menurut seorang Dian Sastro itu kayak gimana sih?
Menurut temen gue, organ tercantik dan terseksi yang ada di manusia itu adalah otak. Menurut gue, penyataan itu keren bgt! Mau siapapun lo, ato gimana pun lo, kalo lo punya otak yang sexy, brilian, dan kreatif, lo pasti cantik! Misalnya kayak Sesa, dia kreatif banget, idenya gila, dan karena itu dia selalu keliatan charming. (Love you Ses..!!! Muah)

The 10 questions..

1.One thing in this world you are addicted to?
Jalan kayak bebek, dark chocolate dan mie instan.

2. Tiga penemuan paling jenius yang ada di muka bumi?
Kaca,Wi Fi, Internet

3. Apa yang bikin lo bosen?
Dengerin pembicaraan yang gak logis.

4. Ketika sesuatu gak berjalan sesuai yang lo harap, kata-kata apa yang lo bilang ke diri lo sendiri?
Yaudahlah, toh masih ada yang lain.

5. Tiga hal yang pengen lo lakukan sebelum meninggal?
Pergi ke Irian, tinggal di Tibet 3 bulan, berenang sama beluga whale atau kalo gak dolphin lah.

6. What city best describes your personality?
Tibet, Karena warna warni, spiritual, abstrak, rame dll.

7. What makes you feel like a child again?
Saat gue inget semua yang udah dikasih Tuhan ke gue.. Nonton film kartun, baca buku dongeng, nonton film the Fall, heheheh main sama hewan peliharaan!!

8. Keputusan ternekad yang pernah lo ambil?
Keluar dari FHUI

9. What makes you happy?
Dark Chocolate, karaoke nyanyiin lagunya Cindy Lauper ”Girls just wanna have fun”.

10. Fill in the blank! I will never____ again.
Ngasih microphone ke ibu-ibu yang panik (sumpah acara bisa ancur)

Tinggalkan Balasan

